MATERI SENIBUD(Unsur-Unsur Musik)





A. Pengertian Seni Musik
Jamalus (1988, 1) berpendapat bahwa musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik  yang  mengungkapkan  pikiran  dan  perasaan penciptanya melalui  unsur-unsur musik  yaitu  irama,  melodi,  harmoni, bentuk dan struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
Aristoteles mengatakan bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.
Machlis (1963, 4) memahami musik sebagai bahasa emosi-emosi yang tujuannya sama seperti bahasa pada umumnya, yaitu untuk mengkomunikasikan pemahaman.
Jika disimpulkan, Musik adalah hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik  yang  mengungkapkan  pikiran  dan  perasaan  penciptanya.

B. Unsur unsur Seni Musik
Unsur-unsur musik terdiri dari nada, irama, dinamik, tempo, dan harmoni. Ada yang menambahkan lagi unsur warna suara atau timbre.
1.    Nada
Nada adalah tinggi rendahnya bunyi. Tinggi rendahnya frekuensi nada sudah ditentukan. Rangkaian nada nada yang di susun secara teratur membentuk sebuah sistem tangga nada. Sistem tangga nada menentukan tinggi rendahnya nada, jumlah nada dalam sistem dan jarak antar nada. 
Contoh sistem tangga nada : Diatonis Mayor, Diatonis Minor, Diatonis Minor melodis, Pentatonis Pelog, Pentatonis slendro, dan lainnya.
Untuk melambangkan nada diperlukan cara penulisan. Cara penulisan ini disebut Notasi Musik. Notasi musik yang umum digunakan adalah notasi angka dan notasi balok. 
2.    Irama
I rama diartikan dua macam, pertama, irama adalah ketukan-ketukan yang teratur. Kedua, irama diartikan sebagai susunan panjang pendeknya nada dalam suatu lagu. Dari pengertian pertama , munculah istilah 4/4, ¾, 2/4, irama dangdut, irama keroncong, irama reggae, waltz, Mars.  
3.    Dinamik
Dinamik merupakan keras dan lemahnya sebuah nada yang dinyanyikan. Tanda dinamik pokok lagu, yaitu forte yang mengandung arti kuat, dan piano berarti lembut, forte disingkat f dan piano disingkat p. Tanda dinamik lainnya : Crescendo / makin keras dan Decrescendo / makin lembut.
4.    Tempo.
Tempo merupakan  cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Masa kini tempo dinyatakan banyaknya ketukan per menit. Tempo 100 artinya 100 ketukan permenitnya. Cara lain menuliskan cepat lambatnya tempo biasanya menggunakan bahasa Italia seperti adagio / lambat,  andante / sedang, Tempo di Marcia / secepat tentara berbaris,  Moderato / sedang  agak cepat, allegro / cepat.
5.    Harmoni
Harmoni adalah perpaduan antara nada satu dengan nada lainnya yang dibunyikan bersama-sama dan menimbulkan paduan suara yang selaras. Wujud dari harmoni antara lain berupa berbagai jenis akor, seperti akor mayor, akor minor, akor diminished , akor augmented, akor 7, akor 9, akor 11, akor 13
6.    Warna suara  / Timbre
Warna suara adalah suara yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan sumber bunyi lainnya. Setiap sumber suara memiliki suara khas. Contoh : Suara khas gamelan berbeda dengan suara gitar meski membunyikan nada yang sama.

Komentar

Posting Komentar