ALU dan CU pada CPU


CPU (Central Processing Unit)  
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.  CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.  

CU (Control Unit) / Unit Kendali  
Tugas dari unit kendali ini adalah: 
o   Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. 
o   Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 
o   Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. 
o   Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. 
o   Menyimpan hasil proses ke memori utama.   

ALU (Arithmatic and Logic Unit)  
Tugas utama dari ALU adalah 
Ø  melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. 
Ø  melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.  
Register  Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.

Perbedaan ALU DAN CU


Arithmetic and Logic Unit (ALU)
ALU melaksanakan seluruh perhitungan dan operasi logika. Hasil dari operasi tersebut diletakkan dalam register yang disebut accumulator.
Operasi arithmatic dan logic terbagi dalam 4 kelas, yaitu decimal arthmatic, fixed point arithmatic, floating point arithmatic, dan logic operation.

Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian dari CPU yang berfungsi untuk :
  • membaca dan menginterpresikan instruksi-instruksi program.
  • melangsungkan operasi komponen-komponen prosesor internal.
  • mengendalikan aliran program dan data ke dalam dan ke luar RAM.
control Unit terdiri dari decoder dan tiga register (program register, instruction register, dan general purpose register). Register merupakan area penyimpanan yang bekerja dengan kecepatan tinggi. Decoder berfungsi mengintepresikan dan mengkodekan instruksi-instruksi program. Program register adalah register yang mengandung alamat dari instruksi yang akan dieksekusi. Instruction register adalah register yang mengandung instruksi yang sedang dieksekusi.

Komentar